Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal
Model KKM Bahasa Inggris SDN Siberuk Kecamatan Tulis Kabuapten Batang Jawa Tengah |
Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan dimaksudkan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran. Penilaian tersebut meliputi KKM, penentuan kriteria kenaikkan kelas, penentuan kriteria program pembelajaran bagi satuan pendidikan yang menerapkan sistem paket dan sistem kredit semester, penyelenggaraan ujian sekolah, dan penentuan kelulusan.
1. Waktu
Penentuan KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran melalui musyawarah antara guru, kepala sekolah, dan stake holder lainnya. Begitu pula penentuan kriteria kenaikkan kelas, dan KKL kelas VI sebaiknya melalui musyawarah warga sekolah dan stake holder.
2. Teknik
3. Langkah-langkah penentuan KKM
Menentukan Kriteria Kentuntasan Minimal(KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekola, sarana prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:
1. Hitung jumalh KKM Indikator, KKM KD, KKM SK setiap mata pelajaran setiap kelas.
2. Tentukan kekuatan/Nilai untuk setiap aspek / komponen, sesuaikan denan kemampuan masing-masing aspek:
a. Aspek Kompleksitas
Semakin komplek (sukar) SK, KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah SD, KD maka nilainya semakin tinggi.
b. Aspek Sumber Daya Pendukung
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c. Aspek Intake ;
Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi
3. Jumlahkan Nilai KKM Indikator, selanjutnya dibagi dengan jumlah indikator untuk menentukan KKM KD.
4. Jumlahkan seluruh KKM KD , selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM SK.
5. Jumlahkan Seluruh KKM SK selanjutnya dibagi dengan jumlah SK untuk menentukan KKM Mata Pelajaran.
Keterangan:
*) Pendidik : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
**) Sarana Prasarana : Alat peraga, Media, Buku Teks, Lingkungan
Rentang nilai antara 40-100 merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.
Rentang Nilai :
80 – 100 : Tinggi
60 – 79 : Sedang
40 – 59 : Rendah
Download Format KKM lengkap plus cover di sini