TEMPO.CO, Jakarta- Suasana religi menjelang bulan suci Ramadan mulai terasa di Indonesia. Konten-konten bernapaskan Islami mulai bermunculan untuk mendukung suasana Ramadan yang tinggal hitungan hari.
Momen Ramadan ini dilihat oleh Google Inc, sebuah perusahaan teknologi informasi, untuk meluncurkan program baru. Hari ini Google meluncurkan saluran online khusus di YouTube yang menyajikan berbagai konten video Indonesia selama bulan Ramadan melalui kanal "YouTube Semangat Ramadanmu".
Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, mengatakan YouTube telah menjadi tujuan utama para pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya selama Ramadan untuk mencari video religi maupun tips-tips khusus.
"Latar belakang saluran khusus ini kami melihat di Indonesia minat pencarian video religi seperti lagu, resep masakan, atau tips berjilbab, selalu meningkat selama Ramadan," kata Rudy saat peluncuran "YouTube Semangat Ramadanmu", di Hotel Crowne, Jakarta, Kamis 4 Juli 2013.
Saluran Semangat Ramadanmu di YouTube dipersembahkan oleh Google Inc bersama PT Unilever Indonesia, Tbk. Untuk mengisi konten-konten di dalamnya, Google juga bekerja sama dengan mitra penyedia konten seperti Trinity Optima, Aquarius Musikindo, Nagaswara, KapanLagi, Kompas TV, dan Unilever.
Mitra tersebut akan menyediakan konten video-video lokal yang menyajikan segala hal berkaitan dengan Ramadan seperti hiburan musik dari artis nasional, tips memasak, dan beragam tayangan Islami lainnya.
Pengguna internet bisa menikmati berbagai sajian itu melalui akses ke www.youtube.com/ramadanindonesia selama bulan Ramadan hingga minggu pertama Syawal (satu minggu setelah Ramadan). Saluran Semangat Ramadanmu akan "go live" pada 8 Juli 2013.
Google berharap melalui konten-konten yang disajikan, masyarakat Indonesia dapat menjalani bulan suci Ramadan dengan berbagai hiburan dan pengetahuan baru. Akses konten ini juga mudah dinikmati dengan menggunakan ponsel, tablet, maupun komputer kapan saja dan di mana saja.
"Peluncuran kanal 'YouTube Semangat Ramadanmu' ini seiring dengan misi Google untuk meningkatkan ekosistem internet nasional dan salah satu cara untuk menampilkan konten Indonesia berkualitas selama Ramadan," kata Rudy.
Adeline Ausy Setiawan, Country Media Head PT Unilever Indonesia, Tbk menambahkan, sebagai mitra Google dan YouTube sejak setahun lalu, Unilever ingin ikut memberikan nilai tambah kepada masyarakat Indonesia dengan cara inovatif. "Ini kanal khusus online pertama di YouTube yang menyajikan konten religi selama bulan Ramadan bagi masyarakat Indonesia," kata Adeline Ausy.
Unilever akan menyediakan konten video seperti tutorial membuat kue candy pop dari Blueband hingga tutorial cara menggunakan jilbab stylish dari Sunsilk. "Kami harap kanal ini akan lebih memicu kreativitas dan peningkatan kualitas konten video nasional untuk berbagi ilmu dan informasi selama Ramadan," ujarnya.
Yonathan Nugroho, salah satu pendiri Trinity Optima Production, mengatakan pihaknya akan ikut berpartisipasi menyediakan konten dalam kanal Semangat Ramadanmu di YouTube dengan menampilkan lagu-lagu religi dari artis dibawah labelnya.
Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa mengakses saluran khusus YouTube ini untuk mengetahui kegiatan artis-artis Trinity selama Ramadan seperti berbuka puasa bersama fans. "Nanti kami juga berencana tayangkan video live. Intinya kami ingin manfaatkan momen spiritual tahunan ini dengan sesuatu yang positif," katanya.
ROSALINA