KOMPAStekno: Berapa "Nilai" Setiap Pelanggan BlackBerry?

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Berapa "Nilai" Setiap Pelanggan BlackBerry?
Jul 6th 2013, 13:01

(Wicak Hidayat/KompasTekno)
BlackBerry Q10

KOMPAS.com - Salah satu informasi kurang menggembirakan yang diungkap oleh BlackBerry dalam laporan keuangan minggu lalu adalah jumlah pelanggan yang merosot sebanyak 4 juta menjadi 72 juta pada kuartal pertama 2013.


Nah, "nilai" dari tiap pelanggan tersebut ternyata juga sudah menurun tajam dibandingkan masa-masa kejayaan BlackBerry beberapa tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh analis lembaga riset Asymco Horace Dediu, yang membagi nilai perusahaan BlackBerry (di luar kas bersih) yang sebesar 2,8 miliar dollar AS dengan  jumlah pelanggan keseluruhan.

Dari situ, seperti dilansir oleh BGR, didapatkan nilai 40 dollar AS per pengguna. Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan tahun 2010, di mana tiap pengguna BlackBerry bernilai 866 dollar AS.

Adapun nilai kapitalisasi pasar BlackBerry saat ini mencapai kisaran 5,4 juta dollar AS.

Pengguna BlackBerry secara global mencapai puncaknya pada September 2012, yaitu sebesar 80 juta. Sejak itu hingga sekarang, jumlahnya terus menurun.

Tony Bradley dari Forbes memperkirakan keadaan BlackBery akan terus memburuk berkenaan dengan basis pengguna produsen asal Kanada tersebut.

"Di samping konsumen yang memang sudah 'terkunci' di dalam ekosistem BlackBerry, angka permintaan untuk produk-produknya hanya sedikit," tulis Bradley.

Bagi para konsumen ini, lanjut Bradley, BlackBerry Z10 adalah produk yang akhirnya bisa mendudukkan posisi BlackBerry menjadi setara dengan iPhone dan smartphone premium dari Android dan Windows Phone. "Tapi begitu seluruh konsumen BlackBerry sudah membeli perangkat baru, maka tak ada lagi tempat untuk menjual produk BlackBerry."

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions