Materi dan Tema Sebagai Bahan ajar Bahasa Inggris di SD

Materi pembelajaran Bahasa Inggris SD di masing masing daerah tidaklah sama. Bahasa Inggris sifatnya sebagai mulok(Muatan Lokal) yang namanya mulok itu diserahkan sepenuhnya pada masing-masing sekolah untuk mengajarkannya. Akan tetapi tetap mengacu pada SK dan KD yang sudah dirumuskan oleh BSNP.
Berikut ini adalah materi dan tema-tema Bahasa Inggris SD di daerah Kecamatan Tulis Kabupaten Batang:

TEMA/MATERI BAHASA INGGRIS DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG

kelas 1

Smt 1
1.       Greeting and parting
2.       Personal identity
3.       Color
4.       Alphabet

Smt 2
5.       Number 1
6.       School
7.       Days and month


Kelas 2

Smt 1
1.       Greeting and parting
2.       Things in the classroom
3.       Numbers 2
4.       Hobbies

Smt 2
5.       School activities
6.       Thing s in the library
7.       Uniform
8.       Animals

Kelas 3

Smt 1
1.       Human body
2.       Animal : wild and tame
3.       Activities : school and home

Smt 2
4.       Food and drink
5.       Things in the living room
6.       Things in the kitchen
7.       Things in the bedroom

Kelas 4

Smt 1
1.       Greeting and parting
2.       Colour
3.       Things around us
4.       Number
5.       Part of the body
6.       Family

Smt 2
7.       Hobbies
8.       Calendar
9.       Toys and games
10.   Shopping
11.   School activities
12.   Fruit  and vegetable

Kelas 5

Smt 1
1.       Hobbies
2.       Telling time
3.       Daily activities
4.       Food and drinks
5.       Games and toys
6.       Clothes

Smt 2
7.       Mathematics
8.       Profession
9.       Transportation
10.   Shapes
11.   Library
12.   Weather and season

Kelas 6

Smt 1
1.       Direction and location
2.       Holiday
3.       Describing people and object
4.       Shopping
5.       Ownership
6.       Myth and legends

Smt 2
7.       Government
8.       Order and request
9.       Earth and planets
10.   Feelings
11.   Tourism

Di daerah lain di seluruh Indonesia mungkin memiliki perbedaan dalam hal materi dan tema yang diajarkan. Daerah kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Batang contohnya berbeda mengenai konten atau materi yang diajarkan dan tentunya berbeda pula dengan daerah lainya di Indonesia. Karena perbedaan tersebut maka tiap daerah memiliki buku untuk kalangan sendiri di daerahnya. Buku Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh berbagai penerbit di Indonesia dirasa kurang cocok karena hanya sedikit menyinggung materi yang diajarkan di masing-masing daerah. Akibat dari perbedaan ini guru Bahasa Inggris harus lebih banyak memiliki buku-buku sebagai penunjang dalam pengajaran Bahasa Inggris di SD. Makin banyak referensi buku makin baik kualitas pengajarannya.
Guru Bahasa Inggris di SD menurut saya pribadi harus punya inisiatif dalam membuat modul ataupun buku pedoman yang sesuai dengan materi dan tema di masing-masing daerah. Buku-buku untuk self circle ini dipakai untuk kalangan sendiri. Ini dapat disusun oleh para guru Bahasa Inggris di masing-masing daerah melalui KKG Bahasa Inggris yang sudah terbentuk dan berjalan. Buku-buku ini sangat penting sekali sebagai buku pegangan dan panduan untuk Guru Bahasa Inggris. Tidak dibenarkan guru menjadikan LKS sebagai pedoman dalam mengajar. Karena bagaimanapun juga yang namanya LKS adalah Lembar Kerja Siswa hanya sebagai latihan siswa yang berisi sedikit rangkuman materi pelajaran dan latihan soal yang berkaitan dengan materi atau tema tersebut. Kebanyakan di lapangan guru Bahasa Inggris masih menggunakan LKS sebagai panduan dalam mengajar karena memang belum ada guku pedoman yang sesuai. Kalau di daerah Kabupaten Batang sendiri LKS kebanyakan masih dipakai sebagai pedoman mengajar. Sudah saatnya kita membuat dan menyusun suatu buku yang berkualitas yang dapat kita jadikan pegangan dan pedoman dalam mengajar Bahasa Inggris di SD.