Anak Gila Online-Blog

Selamat pagi kawan-kawan semua, sudah lama Bang Dayat tidak postingan lagi di karenakan kesibukan sekolah yang sangat padat sekali. Kali ini saya ingin berbagi Tips Untuk Menghadapi Ujian Nasional. Kenapa saya share tips ini, karena tahun ajaran 2011/2012 ini Bang Dayat akan menghadapi Ujian Nasioanl tingkat SMA yang akan dilaksanakan bulan depan, tepatnya tanggal 16 April 2012. Wah tidak terasa sebulan lagi saya akan melaksanakan Ujian Nasional. Dalam menghadapi UN banyak hal yang harus kita perhatikan dan persiapkan maka dari itu mari kita simak bersama-sama  tips untuk menghadapi ujian nasional berikut:

1. Persiapkan Diri
Belajar adalah kunci mutlak pertama dalam menghadapi ujian. Sebaiknya kamu belajar sejak dini dan sering mengikuti Pra Ujian/Try Out sehingga kamu lebih mantap dalam menghadapi UN dan rutinlah mengikuti BimBel yang diakan oleh sekolah, seperti yang Bang Dayat sering lakukan di sore hari setelah pulang sekolah, karena di sini kita di berikan pembahasan terhadap soal-soal UN tahun lalu.

2. Ukur Kemampuan
Siswa harus bisa mengetahui seberapa kemampuannya. Mengetahui kemampuan dan kelemahan yang dimiliki, dalam materi pelajaran apa siswa mengalami kesulitan memahaminya. Jika ada pelajaran yang kurang dipahami, maka disarankan lebih giat lagi belajarnya. Banyak-banyaklah berlatih dengan soal-soal yang sesuai dengan materi ujian nasional, seperti soal-soal Ujian Nasional tahun lalu.

3. Menjaga kondisi Kesehatan tubuh
Kesehatan tubuh merupakan modal yang sangat penting untuk kamu bisa melakukan aktivitas kamu, termasuk belajar. Oleh sebab itu sudah semestinya siswa selalu menjaga kesehatan, sehingga ketika ujian tubuh dalam kondisi sehat, segar, dan fit. Jam tidur juga harus diperhatikan, jangan sampai kurang, serta konsumsi makanan bergizi, dan jangan lupa berolahraga secara teratur.

4. Menyiapkan Peralatan Ujian dengan Baik
Pastikan kamu membawa peralatan ujian yang kamu butuhkan dan hati-hatilah dalam memilih pensil 2B, karena jika salah memilih pensil 2B, mesin scanner tidak bisa membaca jawaban di LJK anda, dan itu artinya jawaban anda eror atau tidak lulus.

5. Datang Lebih Awal
Datang minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan, kamu akan punya waktu mempersiapkan mental dan fisikmu. Ini akan membantu kamu lebih berkonsentrasi selama mengerjakan ujian dan bisa juga di gunakan untuk membuka kembali buku mata pelajaran yang akan di ujiankan agar lebih memantapkan persiapan.

6. Tenang dan Percaya diri
Biasakan untuk percaya diri dan tenang, serta berdoa sebelum memulai ujain. Jangan terlalu percaya jawaban teman karena belum tentu jawaban teman 100% benar, dan jika memang ingin mengikuti jawaban teman, usahakan mengkoreksi lagi jawaban teman anda , siapa tahu ada kesalahan.

7. Jangan Tegang
Memang dalam menghadapi ujian kita kerap merasa tegang. Tetapi lebih baik dibawa santai saja dalam mengerjakan setiap soal sebab kondisi tegang saat ujian akan merusak konsentrasimu. Maka dari itu latih lah mental anda mulai sekarang, selagi masih ada waktu.

8. Membaca Perintah ujian
Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru, sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soal membuat kamu salah dalam memberi atau memilih jawaban.

9. Seleksi Soal
Jika ada soal yang sukar maka di lewati saja, jangan terpaku kepada soal itu saja tetapi dahulukan soal yang kamu anggap mudah, ini akan membantu kamu dalam efisiensi waktu.

10. Hati-hati Dalam Mengisi Lembar Jawaban
Dalam mengisisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) sebaiknya berhati-hati jangan sampai LJK terlipat, kotor ataupun basah, jika hal ini terjadi maka besar kemungkina mesin scanner yang di gunakan untuk memeriksa LJK anda tidak bisa mendeteksi pilihan jawaban anda.

11. Jaga Kebersihan LJK
Dalam mengahadapi UN, inilah hal yang paling berat menurut Bang Dayat, karena kita di tuntut untuk menjaga agar kertas LJK kita tetap bersih jika tidak besar kemungkinan LJK kita saat di scanner tidak bisa terdeteksi jawabannya.

12. Jangan Terburu-buru
Jangan pernah mengerjakan ujian dengan terburu-buru atau tergesa-gesa, ini bisa menyebabkan jawaban ujian tidak maksimal, kalau sudah selesai mengerjakanpun jangan terburu-buru untuk meninggalkan ruangan, pergunakan sisa waktu untuk memeriksa kembali jawabanmu.

13. Tutup dengan Do’a
Sebagaimana kamu berdoa memulai ujian, berdoalah juga setelah selesai mengerjakan. Setelah manusia berusaha semaksimal mungkin maka harus bertawakal/berserah diri kepada ALLAH SWT untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

Itulah beberapa tips yang dapat Bang Dayat share ke kawan-kawan semua, selebihnya kalian harus belajar sendiri dan jangan lupa berdoa. Dan saya juga meminta doa dari kawan-kawan, semoga saya sukses di Ujian Nasional.
Semoga sukses..... Salam Bang Dayat.