Cara mudah mengatasi alergi


Alergi sering sekali muncul di saat seseorang salah mengkonsumsi makanan yang dapat mengakibatkan timbulnya alergi pada tubuhnya. Entah itu alergi yang berhubungan dengan pernafasan atau gangguan rasa gatal yang timbul dengan seketika.

Ada beberapa makanan yang dapat mencegah timbulnya alergi tersebut yaitu
1.    Ikan laut
Ikan tuna, salmon, mackerel, sardine, hering dan ikan air tawar trout adalah sahabat bagi penderita asma maupun penderita alergi lain yang menyebabkan radang. Ikan-ikan tersebut sangat kaya dengan omega 3, yang baik untuk memperbaiki fungsi paru dan memiliki efek anti radang.

2.    Seafood
Kepiting, kerang dan udang adalah makanan laut yang sangat kaya akan zinc yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus yang dapat memperbaiki imunitas terhadap alergi. Jika anda mengalami alergi pada seafood, maka dapat menggantinya dengan kacang polong, tofu, daging sapi tanpa lemak dan biji-bijian.

3.    Kacang-kacangan
Makanan yang sangat kaya akan kandungan vitamin E ini dapat menghindari kita dari infeksi pada saluran nafas atas dengan cara memperbaiki fungsi paru sehingga bisa menurunkan mengi dan radang pemicu asma. Juga berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal beba, yang bisa merusak jaringan tubuh dan menyebabkan radang.

4.    Buah-buahan
Vitamin C yang terkandung di dalam buah-buahan sangat membantu dalam mencegah serangan asma, mengi, dan alergi lain seperti rinitis alergi.

Makanan-macam makanan tersebut tentunta harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena sifatnya sebagai pencegahan, bukan obat. Dan harus didukung dengan olahraga ringan secara rutin seperti berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari dan hindari makanan yang mengandung bahan kimia seperti bahan pengawet, bahan pewarna dan sejenisnya.
Semoga bermanfaat.,